Friday 7 May 2010

Google Ubah Logo dan Tampilan Menjadi Lebih Modern

Sejak beberapa hari yang lalu, Google baru saja merubah tampilan pada halaman websitenya. Meski tak terlalu kentara, dua perubahan utama dilakukan oleh Google di halaman pencariannya dan disebutnya sebagai bentuk metamorfosis.

"Perubahan ini sangat sedikit, mempertahankan halaman kami yang minimalis dan unik, namun membuatnya lebih modern secara keseluruhan," ujar Marisaa Mayer, VP Search product & User Experience Google dalam blog perusahaan tersebut yang ditulis Rabu (5/5/2010). Ia mengatakan perubahan tersebut juga merupakan bagian dari evolusi teknologi dan layanan Google agar lebih membantu pengguna melakukan pencarian sesuai kebutuhannya.

Perubahan pertama pada desain logo. Saat ini, logo Google lebih sederhana dan tegas dengan warna yang lebih muda. Bayangan yang biasa muncul di logo sebelumnya dihilangkan. Pada bagian hasil pencarian, logo Google yang memanjang di bagian bawah warnanya pun dibuat lebih menyala. Garis bawah yang biasa menandai nomor halaman-halaman hasil pencarian dihilangkan. Kotak pencarian diperlebar dan tanpa latar belakang kotak berwarna biru lagi.



GOOGLE (Logo Google yang tampil sebelumnya (atas) dan yang baru)

Perubahan kedua adalah penambahan menu navigasi di bagian kiri atas. Panel baru ini ditujukan untuk mempermudah pengunjung Google melakukan pencarian lebih tepat sesuai konteks yang diinginkan. Jika melakukan pencarian di Google saat ini, panel tersebut akan muncul di halaman hasil pencarian. Ada pilihan untuk melihat semua hasil pencarian (everything), news (berita), blogs (blog), books (buku), videos (video), images (foto), updates (tweet), dan discussions (forum). Menu yang disertai ikon berwarna-warni itu melengkapi pilihan pencarian yang selama ini tersedia seperti apakah akan melihat semua hasil pencarian global atau lokal, pilihan berdasarkan waktu, dan sebagainya.

Bagaimanakah pendapat anda tentang tampilan baru google saat ini? silahkan berkomentar!!

4 comments: