Friday 10 February 2017

Hanya Untuk Hari Ini, Minggu 08 Januari. Dewasa - Narkotik Anonimous


“Kondisi spiritual kita merupakan dasar keberhasilan pemulihan yang menawarkan pertumbuhan terbatas”.

Basic Text. Hal. 43
Ketika anggota kita merayakan hari ulang tahun Pemulihan mereka, mereka sering berkata mereka telah “dewasa” di NA. Kemudian kita berpikir, apa yang dia maksud? Kita mulai ingin tahu apakah kita sudah dewasa. Kita memeriksa kehidupan kita & ya, semua jebakan kedewasaan ada di sana, buku daftar pemeriksaan, anak-anak, pekerjaan, tanggung jawab. Sekalipun, di dalamnya kita sering merasa seperti anak-anak.

Kita masih sering dibuat bingung oleh kehidupan. Kita tidak selalu mengetahui bagaimana bertindak. Kita kadang-kadang ingin mengetahui apakah kita betul-betul dewasa sama sekali atau apakah kita ingin anak-anak yang tumbuh menjadi orang dewasa & diberikan tanggung jawab orang dewasa. Kedewasaan tidak dapat diukur dengan usia fisik atau tingkat tanggung jawab. Pengukuran pertumbuhan terbaik kita adalah kondisi spiritual kita, dasar dari Pemulihan.

Apabila kita masih tergantung pada orang, tempat & benda untuk menyediakan kepuasan batin kita seperti seorang anak yang bergantung pada orang tuanya atas segala hal, kita betul-betul memiliki kedewasaan yang harus kita jalankan. Tetapi bila berdiri aman pada pondasi kondisi spiritual kita dengan mempertimbangkan perawatannya terhadap tanggung jawab paling penting kita, kita dapat mengklaim kedewasaan. Diatas pondasi itulah, kesempatan-kesempatan kita untuk tumbuh menjadi tidak terbatas.

Hanya Untuk Hari Ini :
Ukuran kedewasaan saya adalah sejauh mana saya dapat mengambil tanggung jawab untuk mempertahankan kondisi spiritual saya. Hari ini, hal ini akan menjadi prioritas tertinggi saya.

4 comments: