Wednesday 25 April 2018

Manfaatkan Barang Bekas - Tempat Tisu Cantik Dari Sampah Gelas Air Mineral

Sampah plastik memang sangat mencemari lingkungan bila tidak dibuang pada tempatnya, karena sangat lama sekali untuk bisa terurai, akan tetapisampah plastik sebenarnya bisa di daur ulang atau di buat kreasi karya yang menarik. salah satunya kreasi tempat tisu yang berasal dari gelas air mineral. Berikut langkah – langkah pembuatan kotak tisue dari limbah kemasan gelas plastik produk air mineral

Persiapkan alat dan bahan terlebih dahulu :
1) Kemasan gelas plastik air mineral
2) Kawat Pita 2 warna (bisa lebih tergantung selera)
3) Gunting

4) Penggaris (meteran kain)

5) Tang


Cara pembuatan kerajinan tersebut antara lain :
1. Kemasan gelas pelastik produk teh, digunting untuk diambil bagian atasnya yang menyerupai gelang – gelang.

2. Kemudian gunting pita kawat bergulung berukuran -+ 75 cm.
3. Pita kawat yang telah diukur tersebut kemudian dililitkan ke gelang – gelang plastik.

4. Buatlah lilitan – lilitan pita kawat tersebut 98 buah.
5. Kemudian untuk membuat dinding kotak tisue depan, belakang, samping kiri, samping kanan, gelang lilitan pita kawat tersebut dipelintir hingga membentuk seperti gambar dibawah sebnyak 60 buah dan dipasang – pasangkan menjadi 30 pasang.

6. Lalu gelang pita kawat yang telah digabungkan tersebut disatukan menjadi memanjang, gunakan pita kawat tersebut untuk mengikatnya.

7. Untuk bagian atas kotak tisue gelang pita kawat yang telah dipelintir tersebut TANPA MENGGABUNGKAN, disatukan dan dibuat berbaris memanjang, untuk membuat dinding kanan, dinding kiri dengan hitungan yang sama, dinding depan dan belakang dengan hitungan yang sama juga, supaya nantinya akan terbentuk persegi panjang.
8. PROSES FINISHING. Setelah bagian – bagian tersebut selesai, bagian samping kiri, samping kanan, depan dan belakang, bagian – bagian tersebut disatukan sehingga membentuk persegi panjang. Dan bagian tutup atas kotak tisue tadi disatukan ke bagian yang membentuk persegi panjang tersebut.
9. Dan jadilah kotak tisue yang unik tersebut.

Untuk lebih jelasnya anda bisa menonton video tutorialnya di channel youtube saya, dan jangan lupa untuk subscribe channel saya agar tidak ketinggalan info menarik dari saya.

No comments:

Post a Comment