Cara Pemula Menyelesaikan Rubik 3x3

Haha... rubik memang mainan populer saat ini!! Ditempatkupastinya g tau ndi tempat anda, Pernah berhasil nyusun yang 3x3? Kalo saya paling cepat 1 menit 24 detik, ngitung pake stopwatch, mungkin bisa lebih cepet lagi nantinya. Buat yang belu tau nih silahkan baca dan hapali gerakannya oke silahkan:
1. Menyusun Rubik Lapisan Pertama
Untuk langkah ini saya anggap kamu sudah bisa, jadi tidak perlu penjelasan yang detail.





Lapisan Atas Sewarna


[ Perhatikan lapisan paling atas sewarna. ]

2. Sisi Lapisan Kedua
Baliklah posisi rubiks sehingga lapisan pertama (warna putih) berada di bawah.
Ada 2 kondisi berbeda dengan langkah yang juga berbeda.
Kondisi I :




Lapisan Atas Dibalik, Buat Jadi Yang Pertama, dan Ini Kondisi Pertama


Langkah-langkahnya:




Langkah2 Membuat Lapisan Kedua


Kondisi II :





Kondisi Kedua


Langkah-langkahnya:





Ini Langkah Untuk Kondisi Pertama


Jika kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, jalankan salah satu langkah di atas, maka dengan sendirinya akan kamu dapat susunan warna yang memenuhi salah satu kondisi.
Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali sampai tersusun Lapis Kedua seperti gambar di bawah ini.





2 lapisan yang telah selesai


[ Perhatikan, 2 lapisan bawah telah sewarna. ]

3. Lapisan Ketiga
a. Mancing Ikan
Gak nyangka kan di rubik ada ikan tersembunyi hehehe.... Yang saya maksud ‘Mancing Ikan’ adalah menyusun warna seperti bentuk ikan pada permukaan paling atas.




Langkah-Langkah Supaya Dapat Ikan


Jalankan langkah ini beberapa kali sampai tersusun warna (biru) pada permukaan paling atas seperti gambar di bawah ini.




Seperti Inilah Bentuk Ikannya


[ Pemula biasanya akan mengulangi langkah ini sampai sekian 'banyak' kali untuk memperoleh 'ikan'. Namun jika sudah terbiasa, langkah ini cuma butuh 1-3 kali pengulangan. ]

b. Permukaan Atas
Ada 2 kondisi berbeda dan dan masing-masing kondisi memiliki langkah yang berbeda pula.
Kondisi I :




Kondisi 1


Kondisi II :




Kondisi 2


Dengan menjalankan salah satu dari langkah ini, permukaan atas akan sewarna.

c. Sisi Lapisan Ketiga : Membentuk Warna Yang Sejajar Vertikal
Ketika permukaan atas sudah sewarna biasanya sisi lapis ketiga warnanya masih acak. Untuk itu, lakukan langkah ini untuk menyusun warna sisi lapisan ketiga.
Kondisi: [ Jika kondisi ini tidak terpenuhi, abaikan kondisi dan jalankan langkah ini, akan tersusun warna sesuai kondisi. ]




Warna Sejajar Vertikal Seperti Warna Yang Hitam


Langkah-langkahnya:




Langkah2 Membuat Warna Sejajar Vertikal Seperti Warna Yang Hitam


Setelah menjalankan langkah ini kamu akan mendapatkan susunan warna seperti ini.





Seperti Inilah Susunannya


d. Sisi Lapisan Ketiga : Penyelesaian
Kondisi I :





Kondisi 1





Penyelasaian Kondisi 1


Kondisi II :




Kondisi 2





Penyelasaian Kondisi 2



Setelah menjalankan langkah ini akan tersusun enam sisi sewarna.




WAH SELESAI


Akhirnya Selesai Pusing G Kepala?

OKE, semoga bermanfaat..

Reaksi:

20 komentar:

  1. wkwkwk,,mainan gini aja juga ya triknya.

    ReplyDelete
  2. wah kalau ini aq harus beli rubiknya dulu nih

    ReplyDelete
  3. saya dulu bisa main ini

    tai sekarang dah lupa lai

    menantang otak banget

    ReplyDelete
  4. kalau bagian mancing ikan warna birunya harus ber bentuk seperti itu juga ya???

    ReplyDelete
  5. eh, koq pas udah dapet ikannya ga adah langkah2nya bwat selesein lapis atas? bingung nih

    ReplyDelete
  6. Ada semuanya sob langkah lantai 2 dan lantai 3, kalo lantai 1 memang tidak saya tampilkan, silahkan di lihat lagi klik F5 jika gambar tidak muncul.

    ReplyDelete
  7. please post step yang kesatu dongg
    aku ga ngerti

    ReplyDelete
  8. mantab tutorialnya. Tetap semangat para kuber!

    ReplyDelete
  9. Bagus gue suka banget sama rubik thanks ya info nya

    ReplyDelete
  10. dulu bisa skarang gx bisa memang sngat mengasah otak banget

    ReplyDelete
  11. hmm kenapa picnya ga kebuka ya ?? mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  12. brayy,guee ny masi pemula,bisa ga d beri tips untuk lantai 1-5..>.
    :)

    ReplyDelete
  13. Wah mantab gan,
    sebelumnya ane susah banget nih nyelesain 1 rubik saja, berjam-jam gak kelar-kelar.
    Btw, keep blogging, smile and blogwalking

    ReplyDelete
  14. Saya 45 detik
    Pakai metode Fridrich (F2L,OLL,PLL)
    _______________________________
    Coba BLD dong!!!(Blindfolded Solving)

    ReplyDelete
  15. wawawahhh rubik sangat menyulitkan namun dengan cara ini jadi sangat mudah

    ReplyDelete